Senin, 09 Januari 2012

mengetik 10 jari (the effective typing)

semangat pagi sobat blogger, guru dan sahabat semuanya. tutorial ini terutama teruntuk siswa siswi SMPIT Islamia. Berhadapan dengan komputer, hampir kebanyakan orang adalah bertujuan mengetik, baik dalam bentuk Ms. Word, Exel, Power Point, notepad, atau yang lainnya, termasuk kebutuhan ngenet sekalipun kita tidak bisa lepas dari yang namanya keyboard. (sumber gambar http://www.romonline.web.id/uploads/Keyboard.jpg). Orang bilang keyboard adalah senjata, sementara mouse adalah gagang senjata, ibarat kata "algojonya komputer atau notebook adalah keyboar dan komputer". seiring dengan berkembangnya zaman, mouse dan keyboard terus mengalami perkembangan, mulai dari ukuran terbesar sampai yang terkecil, mulai dari yang manual dengan teknologi PS2, USB, Werless sampai ke keyboar dan mouse virtual. untuk melihat model dan bentuk bermacam-macam keyboard warnanya, sobat bisa lihat pada link berikut ini
Keyboard, bagus bukan..?!
nah yang terpenting bagi kita adalah bagaimana cara mengunakannya dengan tepat, baik dan benar. Kenapa harus demikian? karena apabila teknologi tidak dimanfaatkan dengan benar akan berakibat fatal, ya serendah-rendahnya adalah tidak efektif dalam bekerja. menyoal tentang keyboar sobat, ada baiknya sobat perlu memahami tombol-tombol perintah dalam keyboard sebagaimana yang ada dalam gambar berikut:(sumber gambar: Buku TIK kelas 7 karya Hendri Pandia penerbiat Erlangga) nah sobat F1 sampai dengan F12 merupakan sortcut (jalan pintas, bahasa guru ngaji), yang menuju akses sebagaimana yang terpampang di gambar tersebut. Maka jangan heran kalau kita pernah lihat orang dengan cepatnya mengeluarkan menu-menu dalam komputer dengan cepat. kurang jelas gambarnya sobat bisa lihat dengan zoom out.

Selanjutnya tak kalah penting adalah bagaimana cara menempatkan jari-jari kita pada keyboard tersebut. agar kita bisa mengetik secara efektif dan cepat, tentu itu yang diinginkan sobat semua bukan..?! nah sobat bisa lihat kembali pada 2 gambar berikut. (Sumber gambar: ibid)

Pada awal-awalnya memang agak susah dengan memposisikan jari-ajri yang ada, malah terkesan lebih lama ketimbang cara kita mengetik seperti biasanya/sebelumnya. Tapi setelah lancar mengunakannya anda akan segera menikmati hasilnya dengan sempurna. mengetik dengan cepat sangat bermanfaat, apalagi kalau kita kerjanya yang selalu dikejar dead line harian, pasti sangat membantu sekali. pun juga banyak dicari perusahaan untuk direkrut menjadi karyawan di tempatnya.
Nah sobat semua, agar kita latihan ngetik 10 jarinya lebih asyik, tidak ada salahnya sobat gunakan game edukasi yang mendukung, yakni Typer Shark. game tersebut bisa di download di sini
sobat bisa lihat dan belajar lebih jauh dari games tersebut. selamat mencoba. salam guru ngaji