Selasa, 15 November 2011

peta konsep peranan, keuntungan, dan kerugian TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi


salam...sobat derasnya arus globalisasi tak dapat lagi kita hindari, semakin hari semakin canggih perkembangan tehnologi. kalo kita tidak pintar kita akan 'tergilas' arus globalisasi. kata kuncinya adalah "kita harus punya wawasan global" salah satunya adalah kita kudu ngerti perkembangan TIK (teknologi Informasi dan Komunikasi).
dalam kajian kali ini saya menulis untuk siswa-siswi saya di SMPIT Islamia,  dan share ke teman2 bloger pada umumnya: peta konsep dapat kamu download  di sini agar memudahkan kamu dalam mempelajari topik bahasan ini.

selanjutnya kita akan membahas tentang "Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi"
sobat semua tentu tahu kalo TIK ini sudah tidak asing lagi, terutama bagi sobat yang hidup di daerah perkotaan terutama di Ibu Kota. TIK mempunya peran penting diantaranya adalah:
1. Menunjang pendidikan dan pembelajaran
Mungkin kamu pernah mendengar yang namanya "Cyber Teaching" "Cyber Space" "E-Learning"
itu semua pembelajaran berbasis TIK. Cyber Teaching adalah pembelajaran maya bisa secara langsung atau tidak langsung, langsung bisa lewat chating sedangkan tidak langsung bisa lewat tutorial seperti tutorian yang pernah penulis buat pada posting sebelumnya, contoh tutorial klik aja di sini.
Cyber Space adalah ruang maya dengan mengunakan komputer atau internet atau juga ponsel. E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh dengan fasilitas internet. hal ini sering dipakai untuk kuliah jarak jauh, atau pemberian tugas kepada siswa pada jarak yang jauh. dan masih banyak lagi deh pokoknya banyak gunanya bagi dunia pendidikan.
2. Peranan TIK juga bisa menunjang di bidang kedokteran.
sumber gambar http://arekkardiounair.blogspot.com/2008_08_21_archive.html
denga teknologi komputer jadin dalam kandungan bisa dilihat yakni USG, deteksi kanker sejak dini pemantauan operasi dll. berguna banget kan...? jadi kamu bisa lihat dedek bayi laki-laki atau perempuan, jadi bisa siap-siap bikin nama sekaligus akikahannya 2 ekor kambing atau 1 ekor kambing.
3. Peran TIK dalam dunia bisnis.
tak dapat dipungkiri lagi banyak orang kaya hanya dengan nongkrong di depan PC atau notebooknya, tentunya mereka punya ilmunya. sebagai contoh tokobagus.com. di web tersebut disediakan lapak jual beli, yang mana si pembeli dan penjual tidak bertemu langsung tapi dapat memilih barang dagangan melalui penjelasan tulisan dan gambar. selanjutnya penjual dan pembeli janjian ketemuan. iklan di cyber space ada yang gratis ada juga yang bayar.
4. Peranan TIK dalam Pemerintahan
mungkin sobat sering dengar E-Government ini adalah salah satu layanan pemerintah dalam bentuk elektronik. ini tampilannya sobat bisa klik  di sini untuk melihat tampilannya
di sana disedian buuuanyak menu, mulai dari informasi pemerintahan sampai lowongan pekerjaan.
yang di bawah ini adalah situs milik depag RI dari sinilah banyak informasi yang kita dapat kaitannya dengan urusan keagamaan di Indonesia.
untuk pergi ke sana klik aja di sini 
6. peranan TIK dalam penanggulangan bencana Alam.
Tsunami bisa dideteksi sejak dini, begitu juga gempa bumi bisa diukur seberapa kedahsyatannya, lantaran mengunakan TIK. melalui BMKG atau dulunya BGM kita bisa melihat prakiraan cuaca dan yang lainnya. enak bukan...? mau lihat BMKG klik aja di sini mudah bukan..?!
7. Peran TIK dalam industri dan manufaktur

sobat tentu tahu yang namanya perusahaan HONDA, YAMAHA, TOYOTA, SUZUKI produk-produk mereka tak asing lagi bagi kita. motor dan mobil sebanyak itu di jalanan tentunya bukan dibuat satu-satu secara manual dengan tool kit kayak di bengkel, tapi sudah diproduksi masal dengan sistem komputerisasi.
so jangan heran kalo sehari saja honda mampu membikin mobil ratusan unit bahkan ribuan...
sumber gambar dari http://www.tubasmedia.com/berita/peraturan-pemerintah-selalu-bersifat-global/
8. Peran TIK di bidang pertanian
kalo urusan pertanian mungkin gak ya TIK berperan?...wah jangan salah sobat, ternyata pertanian tidah hanya diurusi dengan kerbau atau sapi saja, kini di pertanian modern sudah mengunakan pesawat terbang dalam perawatan terhadap tanaman yang ada di negara maju sana.
9. Peranan TIK dalam bidang Transportasi.
kalo yang ini banyak sudah kita jumpai, mulai dari pengunaan google map sampai GPS (Global positioning system) sudah tidak asing lagi di telinga kita, kita bisa melakukan perjalanan jauh, mudik misalnya, agar tidak tersesat kita bisa mengunakan GPS, nah GPS ini lah yang akan membimbing kita. insya Allah tak akan tersesat lagi.
udah dulu sobat ...besambung. dirangkum dari buku TIK 1SMP kelas VII karya Supriyanto, Yudistira.