Jumat, 06 Januari 2012

Brain Games (Upaya Menghidupkan Gairah Belajar Siswa)


sobat bloger dan guru semua, tentu kita tahu bahwa upaya 'pemanasan' sebelum belajar itu sangat penting, bagaimana jika kondisi siswa pada saat belajar masih dalam keadaaan 'dingin', bisa dibayangkan betapa sunyinya pembelajaran saat itu.

apa sih gunanya? Kegiatan Brain Gym ini dibuat guna menstimulasi (Dimensi lateralitas) untuk meringankan belahan otak kiri dan kanan (Dimensi pemfokusan) untuk merelaksasi bagian belakang otak (batang otak atau brainstem) dan bagian depan otak (fronta lobes), serta (Dimensi pemusatan) untuk system limbis (midbrain) dan otak besar (cerebral cortex).
Lateralisasi (sisi) tubuh manusia dibagi dalam sisi kiri dan sisi kanan. Sifat ini memungkinkan dominasi salah satu sisi misalnya menulis dengan tangan kanan atau kiri, dan juga untuk integrasi kedua sisi tubuh (bilateral integration), yaitu untuk menyebrangi garis tengah tubuh untuk bekerja di “bidang tengah”. Bila ketrampilan ini sudah dikuasai, orang akan mampu memproses kode linear, symbol tertulis (mis. Tulisan), dengan dua belahan otak dari kedua jurusan: kiri ke kanan atau kanan ke kiri, yang merupakan kemampuan dasar kesuksesan akademik. Ketidakmampuan untuk menyebrangi garis tengah mengakibatkanapa yang disebut “ketidakmampuan belajar” (learning disabled) atau “disleksia”.

Fokus adalah kemampuan menyeberangi “garis tengah partisipasi” yang memisahkan bagian belakang dan depan tubuh, dan juga bagian belakang (occipital) dan depan otak (frontal lobe). Garis tengah partisipasi adalah garis bayangan vertical di tengah tubuh (dilihat dari samping). Ketidaklengkapan perkembangan refleks menghasilkan ketidakmampuan untuk secara mudah mengekspresikan diri sendiri dan ikut aktif dalam proses belajar.
Pemusatan adalah kemampuan untuk menyebrangi garis pisah antara bagian atas dan bawah tubuh dan mengaitkan fungsi dari bagian atas dan bawah otak: bagian tengah system limbis (midbrain) yang berhubungan dengan informasi emosional serta otak besar (cerebrum) untuk berpikir yang abstrak. Apa yang dipelajari benar-benar dapat dihubungkan dengan perasaan dan memberi arti. Ketidakmampuan untuk mempertahankan pemusatan ditandai oleh ketakutan yang tidak beralasan, cenderung bereaksi “berjuang atau melarikan diri”, atau ketidakmampuan untuk merasakan atau menyatakan emosi. Gerakan yang membuat badan menjadi relaks dan membantu menyiapkan murid untuk mengolah informasi tanpa pengaruh emosi negative disebut pemusatan (Sumber: Heru Subrata http://mbahbrata-edu.blogspot.com)
dahsyat bukan..?!
selanjutnya apa sih manfaatnya mengunakan barin games? Adapun manfaat dari Brain Gym sendiri yaitu dapat mengaktifkan seluruh bagian otak untuk kemampuan akademik, hubungan perilaku, serta sikap.karena pada dasarnya otak terbagi atas dua belahan yaitu kanan dan kiri. Masina-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda.Otak kiri berhubungan dengan potensi kamampuan kebahasaan (verbal), kontruksi objek (teknis dan mekanis), temporal, logis, analitis, rasional dan konsep kegiatan yang terstruktur. Otak kanan memiliki potensi kemampuan kreativitas (kemampuan berinisiatif dan memunculkan ide), kemampuan visual, potensi intuitif, abstrak dan emosional (berhubungan dengan nilai rasa). Pemetaan potensi kemampuan yang dimiliki oleh bagian otak yaitu sebagai berikut:
Implementation thinking merupakan potensi kemampuan yang dimiliki oleh otak kiri bagian bawah. Secara fungsional merupakan kemampuan penerapan berbagai konsep ke dalam bentuk pelaksanaan atau kemampuan untuk menuangkan kerangka berpikir dalam pelaksanaan. Ketelitian kerja serta perencanaan yang matang merupakan bagian terpenting dari kemampuan potensial yang dimiliki oleh bagian ini.
Social thinking merupakan kemampuan potensial yang dimiliki untuk menumbuhkan kecerdasan sosial. Kondisi hubungan antar sesama manusia menghasilkan tata aturan dan norma-norma sosial. Kepekaan terhadap kebutuhan dan norma-norma sesama manusia merupakan suatu kecerdasan yang terbentuk oleh bagian ini.
Future thinking adalah konsep masa depan terkait dengan prediksi dan kemungkinan yang dapat terjadi merupakan kemampuan future thinking. Daya intuitif dan pemikiran dan holistik atau menyeluruh akan mengarahkan kecerdasan terhadap konsep masa depan yang jauh.
Dengan kata lain Brain Gym ditujukan untuk membantu anak yang mengalami kesulitan dalam perkembangan dan pembelajaran.
nah sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya 'pemanasan' sebelum belajar.
nah kayak gimana gerakannya? ini tentunya yang paling ditunggu-tunggu sobat semua, kalo dijelaskan secara satu-satu bakal panjang artikel ini sobat, saya kasih tutorial berupa video saja kalau begitu. selamat mencoba. silahkan unduh pada link berikut ini  senam otak salam dari guru ngaji.