Senin, 12 Desember 2011

Pelayanan Prima (Total Quality Service)


Soabat semua tahukah anda apa itu pelayanan prima atau (Total Quality Service)? seberapa pentingkah pelayanan prima itu?
sobat semua pasti pernah mendatangi sebuah lembaga atau pertokoan atau fasilitas umum, tentang pelayanan mereka terhadap klien mereka, pernahkah sobat ngedumbel? tidak puas? ternyata sobat tidak salah menurut Data survey dari Synovote, yang dipakai sebagai bahan pijakan bagi para pebisnis, menyebutkan bahwa kenapa pelanggan itu pergi? Ternyata faktor utama dan pertama bukan karena dibujuk oleh pesaing (4%), mahalnya harga (9%). Faktor yang paling dominan dan amat sangat menentukan adalah karena pelayanan yang jelek (68%) (sumber shafutama)
so..sobat harga sebetulnya bukan pokok yang pertama yang menjadi kepuasan pelanggan kita. sebagai contoh, di sebuah sekolah Islamia, kami mencoba mengembangkan
Total Quality Service Concept di sekolah kami, alhamdulillah sebagian besar orang tua siswa percaya dan puas insya Allah dengan pelayanan yang kami buat.
hal ini terlihat dari sedikitnya komlain dari orang tua siswa, kemudian banyaknya orang tua murid yang mensekolahkan anaknya di lembaga kami.
Ciri-ciri pelayanan prima sederhana adalah:
dengan memberikan senyuman yang menunjukkan antusiasme dan perhatian kepada klien kita, selain memuaskan tamu/klien atau calon klien kita, senyuman itu juga bernilai ibadah. so gak ada rumanya mas bro..perbanyaklah senyum pada tempatnya!
Kedua, tawarkan bantuan kepada klien kita sebelum diminta, misal What can I do for You, Ada yang bisa saya bantu pak, bu? de el el.. wah tergantung pada kebutuhan lah...sesuaikan dengan bahasa mereka.
ketiga, sediakan minuman dan suguhan sederhana, sebab salah satu bentuk perhatian kita yang bisa membuat pelangan kita puas adalah suguhan, terutama air, sebagai contoh pelangan kita datang dari tempat yang cukup jauh, akan menjadi penyejuk apabila kita suguhkan air minum.. selain membuat pelanggan kita puas suguhan buat tamu itu juga bernilai ibadah lho sobat..so niatkan saja untuk ibadah.
Ketiga, sambutlah dan antarkan dia sampai pada batas pintu atau tempat keluar yang tepat, jangan lupa say hello atau good bye kepada pelanggan kita..Bersambung..