Senin, 26 Desember 2011

TOT (Training Of Trainer) Creative Blogging With Indosat, salah satu materinya




Salam sobat blogger dan guru semua, kali ini guru ngaji bersama dengan Mr. Wahid (sebelah kanan guru ngaji) mengikuti acara TOT Training Of Trainer di Jati Luhur Jawa Barat. acara yang diselenggarakan oleh  IGI Bekasi  bekerjasama dengan  Komunitas Blogger Bekasi dan didukung penuh oleh Indosat4indonesia dihadiri oleh ratusa guru dari beberapa sekolah yang ada di bekasi. acara yang cukup langka tersebut tidak disia-siakan oleh hadirin yang ada, testemoni secara umum dari pengakuan peserta yang hadir saat itu adalah "Saya merasa bersyukur sekali bisa mengikuti acara pelatihan ini, kalau bisa tolong diadakan lagi pada kesempatan mendatang"
sobat blogger, sebelumnya (Ahad 25 Desember) guru ngaji diminta untuk memberikan pelatihan "Ngenet Sehat Remaja Kreative" di Pusdiklat Dewan Dakwah Bekasi, alhamdulillah acara tersebut dihadiri oleh 60 remaja dari beberapa sekolah SMP, dan SMA di sekitar tempat acara. nah saat ini guru ngaji mengikuti Training Of Trainer yang bisa membuat
kemampuan trainer muda (guru ngaji) ini bisa lebih maju lagi dikemudian hari.
sobat semua harusnya saya ikuti pelatihan TOT dulu baru kemudian ngisi pelatihan, wah tapi apa boleh buat kawan waktu yang menentukan pelatihan "Ngenet Sehat Remaja Kreative" duluan yang menuntut saya harus belajar semalaman. andai kata berandai-andai itu dibolehkan saya akan berandai-andai "andai kata acara TOT kerjasama IGI Bekasi dengan Indosat  ini diadakan sebelum acara Ngenet Sehat Remaja Kreative, waoooow tentu acaranya bisa lebih seru lagi" wah jadi mengandai-andai nih..
 wah, sebat blogger semua, ternyata dalam acara tersebut (TOT) guru ngaji menemukan hal yang baru dan luuuaaar biasa.
Apanya yang luar biasa kawan kira-kira menurutmu..? tentunya ilmunya dan data-data tentang kedahsyattan blog bagi kehidupan, terutama buat pembelajaran. Salah satu pematerinya adalah Mas agus Sampurno, (seorang guru SD kelas 4 di Global School, teman sekelas dengan guru ngaji juga di Pasca Sarja UHAMKA) beliau menuturkan pentingnya ICT dalam dunia pendidikan yang bisa menghasilkan pembelajaran Efektif di kelas.
tak hanya itu sobat, selain Mas Agus Hadir juga ada bapak Sony Teguh, dengan ciri khas bahasanya yang 'balak-blakan" dan mengena hadirin menurut saya, yang paling saya ingat kata beliau adalah "kerja otot masih mendominasi di Indonesia" itu artinya "dimana kerja otak orang Indonesia"

Hadir pula mas Elga dari Indosat yang memaparkan perkembangan tehnologi Internet dunia, diceritakan di sana Internet semakin dekat dengan manusia kedepannya, yakni dengan berbasis virtual dan sensor. maksudnya adalah semua kegiatan ngenet gak usah bawa laptop kemana-mana, cukup dengan sensor itu mampu menghadirkan PC atau laptop di hadapan anda dengan media yang sederhada sebagai layarnya, misalkan kertas kosong, Tembok, buku, koran dan lain-lain.
Tak cuma itu sobat, ada juga Mr. Dedi Dwitaga, seorang blogger, tariner juga kepala sekolah, yang menjelaskan banyak hal tentang, kata beliau adalah menulis itu dari yang paling sederhana, mulai dari bikin status di FB, Twitter, posting gambar, film sampai nulis teks di blog. hal itu yang bisa menujukkan trafic blog kita meningkat dan bisa menghasilkan uang.
Selain itu juga, kami diajari nulis blog yang baik dan benar oleh Om Jay, intinya kata om Jay nulis itu kudu rutin harian, agar kualitas tulisan kita bisa meningkat..
nah kesimpulannya sobat, harusnya kita bisa berkarya tiap hari, seperti kata pak Dedi "gajah mati meninggalkan gading, guru mati meninggalkan karya (blog)" selanjutnya di hari yang kedua, tidak kalah serunya materi yang disampaikan oleh bang vavai yang menganjurkan menulis di blog, apapun yang terjadi menulislah, jangan mengharap terlalu cepat jadi populer sebelum berbuat. kata bang vavai menulislah sebelum tidur dan dapatkan karya kamu, jangan tidur sebelum menulis,  karena engkau tak akan mendapat apa-apa, begitulah kira-kira pesan penyemangat yang disampaikan oleh bang vavai
nah selanjutnya materinya adalah "Pemanfaatan Sosil Media" yang disampaikan oleh Bu Nunuk (seorang blogger senior), kata beliau sosial media itu sebenarnya sebuah keniscayaan bagi pengguna internet, dengan media sosial tersebut seseorang bisa mengaktualisasikan dirinya di dunia maya. Tidak hanya Facebook dan Twitter saja kawan Jerjassol yang tergolong media sosial ada juga foursquare.com dan masih banyak lagi yang lainnya.
 salah satu yang membuat trafic blog kita adalah sering update, sering nulis, banyaknya follower, dan share ke jerjassos. tapi yang utama adalah konten yang menarik yang utama di nilai.
selain buat narsis di dunia maya, blog juga bisa menghasilkan uang, tutur bu nunung yang mempunyai dua akun blog.
banyak orang yang bisa berpenghasilan dari hanya ngeblog.salah satunya adalah bu Nunuk selain jadi dosen. 
setelah itu acaranya adalah pengumuman lomba ngetwitt dengan hastag @indosat4indonesia, wah sayang guru ngaji tak dapat juara, tapi alhamdulillah dapat door prize sebagai peserta aktif yang mampu menjawab pertanyaan dari pemateri saat itu, ya alhamdulillah dapat modem dogle. selesai bagi-bagi hadiah kami guru ngaji bersama teman-teman peserta pelatihan melanjutkan lunjungan ke satelit bumi punya Indosat bayak hal yang bisa diambil pelajaran dari penjelasan guide saat itu. selanjutnya kami langsung pulang menuju tempat pemberangkatan kami yang pertama yakni di Islamic Centre Bekasi. salam..